Tanaman Porang

Porang Indonesia 99% Mirip Dengan Konjac Thailand

Porang atau konjac yang ada di Thailand, Porang Indonesia 99% mirip dengan Konjac Thailand

Konjac di Thailand ini salah satu kerabat porang yang paling dekat dan mirip dengan tanaman porang yang ada di Indonesia.

Bentuk dan warna umbi konjac yang ada di Thailand ini sangat persis dengan porang yang ada di Indonesia, yaitu sama sama memiliki warna umbi yang kuning cerah dengan kristal halus pada daging umbinya. Kemudian dari bentuk daunpun sangat mirip dan sangat sulit untuk dibedakan dengan tanaman yang juga dikenal deng ules ini.

Related Articles
Porang Indonesia 99% mirip dengan Konjac Thailand
Porang atau konjac yang ada di thailand,

Kemudian konjac yg ada di Thailand ini sama sama memiliki bubil atau buah katak disetiap pangkal atau cabang sama dengan Porang yang ada di Indonesia, namun hanya warna dan corak batang saja yang membedakan porang dan konjac yg ada di Thailand.


Batang tanaman porang di indonesia memiliki dua warna dan yang warna hitam / black konjac dan ada yang hijau memiliki corak putih di seluruh batang, namun konjac yang ada di Thailand ini memiliki warna yang sedikit berbeda dengan pohon umbi di Indonesia ini yaitu hampir seluruh batang berwarna keputihan dengan sedikit corak hijau di batangnya.

Porang dan Kandungan Glukomanan

Itu tadi hanya perbedaan fisiknya saja, namun kandungan glukomanan antara konjac Thailand dengan porang Indonesia saya belum tahu dengan pasti berapa perbedaan kandungannya.

Namun ada penelitan yang mengatakan bahwa kandungan glukomanan pada porang sekitar 60-70% sedangkan pada jenis konjac di negara lain hanya 40-45% saja, namun jenis konjac yang di Thailand ini saya belum menemukan artikel yang jelas tentang kandungan glukomananya.

Perlu diketahui juga Thailand merupakan salah satu negara yang mengimpor hasil pertanian umbi dari Indonesia.
Perkebunan konjac di Thailand sangat luas,kenapa Thailand masih membeli tanaman umbi ini dari Indonesia. . . . . ? apakah karena kualitas atau kandungan glukomanan porang Indonesia lebih tinggi.

Sekali lagi saya sampaikan mari kita sama sama menjaga kualitas dan kuantitas tanaman umbi kita ini karena sudah mulai muncul pesaing pesaing baru dalam produk porang dan tidak menutup kemungkinan kita akan tersaingi oleh mereka.

Mengenal Konjak, Sumber Karbohidrat yang Diprediksi Bakal Ngehits

Untuk memenuhi resolusi menurunkan berat badan, ternyata saat ini banyak alternatifnya. Salah satunya dengan mengonsumsi konjak atau konjac sebagai pengganti makanan pokok sehari-hari.

“Konjac sebagai pengganti karbohidrat semakin populer karena kalorinya sangat rendah dan dapat diolah dengan berbagai metode atau masakan,” kata ahli nutrisi dan olahraga, Jansen Ongko, dalam wawancara dengan detikHealth.

Saat ini berbagai jenis olahan konjak telah semakin menjamur keberadaannya. Seperti mi konjak, tepung konjak, dan jelly konjak.

Menurut dokter spesialis gizi klinik dari RS Pondok Indah – Puri Indah, dr Raissa E Djuanda, M Gizi, Sp GK, konjak memiliki lebih banyak serat larut, sehingga di dalam lambung akan bertahan lebih lama dan akan mengurangi rasa lapar.

dr Raissa juga mengatakan selain itu juga konjac memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga bagus untuk menurunkan berat badan, kolesterol, dan gula darah. Konjak sangat cocok untuk dijadikan sebagai pilihan makanan seseorang yang ingin menurunkan berat badan.

“Konjac juga bisa dijadikan sebagai pilihan menu yang dapat mengecilkan perut buncit. Karena konjac memiliki manfaat yang dapat melancarkan pencernaan juga,” jelas dr Raissa dikutip dari detikHealth, Kamis, (3/1/2019).

Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker