Porang dan Kandungan Manfaat Di Dalamnya

Porang adalah Tanaman umbi yang mempunyai nama latin Amorphopallus oncophyllus. Orang juga sering menyebutnya bunga bangkai jawa, porang, suweg atau iles-iles. Sebelumnya, tanaman berumbi ini dianggap sebagai tanaman tak layak jual. Namun, ternyata, kebutuhan iles-iles makin banyak lantaran kegunaannya cukup beragam.

Pohon Porang yang banyak kandungan manfaatnya

Tanaman ini digunakan sebagai bahan pengikat pembuatan tablet obat dan zat pengental dalam pembuatan sirup dan sari buah. Iles-iles juga menjadi bahan makanan sehat, setelah diolah menjadi jeli seperti konyaku.

Disebut banyak memiliki khasiat untuk kesehatan, hal tersebut dikarenakan tanaman porang mempunya kandungan bernama Konjac glucomannan (KGM).

KGM ini sekilas bentuknya mirip dengan tepung. Nah, KGM ini lah yang membuat tanaman porang memiliki banyak khasiat.

Selain Konjac glucomannan, porang juga mengandung:

Glukomanan merupakan sebuah zat dalam bentuk gula kompleks dan serat larut yang berasal dari ekstrak akar tanaman konjac (Amorphophallus Konjac). Tanaman asli dari Asia ini banyak digunakan di negara Cina, Jepang, Korea dan Taiwan.

Menurut Wikipedia,Glukomanan adalah polisakarida yang dapat larut dalam air dan dianggap sebagai serat pangan. Glukomanan merupakan komponen hemiselulosa dalam dinding sel beberapa spesies tumbuhan.

Produk-produk yang mengandung glukomanan (dengan berbagai macam merk dagang) dipasarkan sebagai bahan tambahan pangan dengan klaim bahwa bahan ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan menanggulangi sembelit.Semenjak tahun 2010, glukomanan dipasarkan di Eropa sebagai substansi yang diklaim dapat membantu menurunkan berat badan,tetapi hingga tahun 2014 masih belum ada cukup bukti yang menunjukkan hal ini.

Suplemen yang mengandung glukomanan harus diminum dengan cukup air, jika tidak terdapat risiko tersedak dan penyumbatan usus.Efek samping lainnya adalah diare dan kembung; dalam salah satu hasil penelitian, orang yang meminum glukomanan memiliki kadar trigliserida yang lebih tinggi.

Protein adalah nutrisi dengan fungsi utama memperbaiki jaringan sel agar bisa bekerja dengan baik. Zat gizi ini ditemukan di seluruh tubuh termasuk tulang, kulit, otot, serta rambut. Bisa dikatakan, sekitar 20% tubuh manusia terbentuk dari protein.

Salah satu fungsi paling penting protein yaitu memproduksi enzim dan hormon untuk membantu menjaga fungsi sel dan organ tubuh.

Asam amino adalah bagian terkecil dari struktur protein. Bisa dikatakan, protein dari makanan yang Anda makan itu adalah kumpulan dari beberapa asam amino. Sebagai bentuk paling sederhana dari protein, bentuk asam amino inilah yang nantinya bisa diserap oleh tubuh dan menjalankan fungsinya dengan baik.

Asam amino esensial adalah asam amino yang bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sementara asam amino non esensial tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus didapatkan dari makanan yang kita konsumsi.

Kalsium atau zat kapur adalah sebuah elemen kimia dengan simbol Ca dan nomor atom 20. Mempunyai massa atom 40.078 amu. Kalsium merupakan salah satu logam alkali tanah, dan merupakan elemen kelima terbanyak di bumi. Kalsium juga merupakan ion kelima terbanyak di air laut dilihat dari segi molaritas dan massanya, setelah natrium, klorida, magnesium, dan sulfat.

Fosfor ialah zat yang dapat berpendar karena mengalami fosforesens (pendaran yang terjadi walaupun sumber pengeksitasinya telah disingkirkan)

Fosfor berupa berbagai jenis senyawa logam transisi atau senyawa tanah langka seperti zink sulfida (ZnS) yang ditambah tembaga atau perak, dan zink silikat (Zn2SiO4)yang dicampur dengan mangan. Kegunaan fosfor yang paling umum ialah pada ragaan tabung sinar katode (CRT) dan lampu pendar, sementara fosfor dapat ditemukan pula pada berbagai jenis mainan yang dapat berpendar dalam gelap (glow in the dark). Fosfor pada tabung sinar katode mulai dibakukan pada sekitar Perang Dunia II dan diberi lambang huruf ā€œPā€ yang diikuti dengan sebuah angka.

Unsur kimia fosforus dapat mengeluarkan cahaya dalam keadaan tertentu, tetapi fenomena ini bukan fosforesens, melainkan kemiluminesens.

Besi adalah unsur kimia dengan simbol Fe (dari bahasa Latin: ferrum) dan nomor atom 26. Merupakan logam dalam deret transisi pertama.[3] Ini adalah unsur paling umum di bumi berdasarkan massa, membentuk sebagian besar bagian inti luar dan dalam bumi. Besi adalah unsur keempat terbesar pada kerak bumi. Kelimpahannya dalam planet berbatu seperti bumi karena melimpahnya produksi akibat reaksi fusi dalam bintang bermassa besar, di mana produksi nikel-56 (yang meluruh menjadi isotop besi paling umum) adalah reaksi fusi nuklir terakhir yang bersifat eksotermal. Akibatnya, nikel radioaktif adalah unsur terakhir yang diproduksi sebelum keruntuhan hebat supernova. Keruntuhan tersebut menghamburkan prekursor radionuklida besi ke angkasa raya.

Seng (bahasa Belanda: zink), zink, atau timah sari adalah unsur kimia dengan lambang kimia Zn, bernomor atom 30, dan massa atom relatif 65,39. Ia merupakan unsur pertama golongan 12 pada tabel periodik. Beberapa sifat kimia seng mirip dengan magnesium (Mg). Hal ini dikarenakan ion kedua unsur ini berukuran hampir sama. Selain itu, keduanya juga memiliki keadaan oksidasi +2. Seng merupakan unsur paling melimpah ke-24 di kerak bumi dan memiliki lima isotop stabil. Bijih seng yang paling banyak ditambang adalah sfalerit (seng sulfida).

Mangan adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Mn dan nomor atom 25. Mangan berupa logam transisi yang berwarna perak metalik.

Tembaga adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cu dan nomor atom 29. Lambangnya berasal dari bahasa Latin Cuprum.Tembaga merupakan konduktor panas dan listrik yang baik. Selain itu unsur ini memiliki korosi yang cepat sekali. Tembaga murni sifatnya halus dan lunak, dengan permukaan berwarna jingga kemerahan. Tembaga dicampurkan dengan timah untuk membuat perunggu.

Ion Tembaga(II) dapat berlarut ke dalam air, di mana fungsi mereka dalam konsentrasi tinggi adalah sebagai agen anti bakteri, fungisi, dan bahan tambahan kayu. Dalam konsentrasi tinggi maka tembaga akan bersifat racun, tetapi dalam jumlah sedikit tembaga merupakan nutrien yang penting bagi kehidupan manusia dan tanaman tingkat rendah. Di dalam tubuh, tembaga biasanya ditemukan di bagian hati, otak, usus, jantung, dan ginjal.(Wikiepedia)

Itulah beberapa kandungan yang ada dalam buah porang

Sedangkan Kandungan Gizi Porang:

Setiap 100 gram umbi porang memiliki kandungan gizi sebagai berikut:

ā†‘
Exit mobile version