Tips Lindungi Account Email

Kita sering tak sadar bahwa email sama pentingnya dengan telepon. Sekali disadap atau bocor ke pihak lain, berarti semua informasi pribadi kita dicuri orang. Dan bisa disalahgunakan untuk tindakan kejahatan. Pemerasan, pemalsuan identitas, pembobolan kartu kredit, dan banyak lagi.

Bagaimana agar email kita aman? Berikut Tips Lindungi Account Email dengan langkah simpel:

1.Jangan pakai email untuk kirim data yang sangat penting

Nomor kartu kredit, foto pribadi yang vulgar, dokumen rahasia perusahaan, akta perjanjian penting, dan sejenisnya tergolong data-data penting yang sebaiknya tidak dikirim melalui email. Sebab sekali email dibobol semua data penting tadi jatuh ke pihak lain.

2.Konek ke akun email menggunakan koneksi terenkripsi

Gunakan SSL di browser Anda untuk layanan webmail seperti Yahoo Mail atau Gmail. Gunakan protokol yang aman untuk akun lain seperti IMAP atau POP3. Lakukan dari komputer Anda sendiri, bukan di komputer orang lain.

3.Buat password yang kuat

Banyak yang meremehkan password email. Padahal ini adalah target utama para cracker. Buat password yang lebih dari 8 karakter dan merupakan kombinasi angka dan huruf.

4.Gunakan otentifikasi di Gmail

Gmail menyediakan two-step authentication feature untuk meningkatkan layanan emailnya. Aktifkan fitur ini untuk mengamankan akun email Anda.

5.Gunakan pertanyaan keamanan yang kuat

Ini adalah fitur pertanyaan yang ada saat user membuat akun email. Jangan menggunakan pertanyaan yang mudah diterka.

6.Setting peringatan SMS

Ada fitur di mana user dapat menambahkan nomor ponselnya sebagai media peringatan ketika ada pihak yang mengubah password emailnya. Aktifkan fitur ini.

7.Pelajari langkah jika kena bobol

Di setiap layanan email ada petunjuk cara mengatasi akun yang dibobol. Pelajari cara-cara itu dan atasi dengan tenang, jangan panik.

8.Siapkan akun email lain

Gunanya adalah sebagai alamat yang bisa dipakai untuk verifikasi reset password apabila password Anda sudah dibobol pihak lain.

Dengan mengetahui Tips Lindungi Account Emailseperti yang saya tulis diatas mudah mudahan account email anda akan aman dari perbuatan jahat orang yang ingin membobol account email anda.





Dapatkan Cara Bisnis Online
Ciptabisnis.com

 
Name:
 
Email:
Masukan Data Anda 

ListWire - Free Autoresponders
click here for your free autoresponder

THIS IS HOT....Super viral traffics builder software - Get it now !
Powered by: JvZooPlugin.com

Share