Pentingnya pemilihan jenis usaha

Sumber foto: Youtube UC Entrepreneurship Online
Sumber foto: Youtube UC Entrepreneurship Online

Pentingnya Pemilihan Jenis Usaha
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang betapa pentingnya kita melakukan pemilihan usaha bisnis. Tidak sekedar satu bisnis kita dengar dari kawan langsung kita lakukan. Artinya kami mengajak Anda untuk memilih satu dari sekian yang Anda sudah evaluasi lebih dahulu.

Proses pemilihan adalah proses yang penting

Barangkali kita pernahingat sebuah novel yang mungkin pernah kita baca wa ktu SMP-SMA.Dalam kisah itu, Siti Nurbaya terpaksa menikah pada Datuk Maringgih. Pasti pernikahannya bukan pernikahan yang bahagia,pasti pernikahannya pernikahan yang jadi petaka untuk Siti Nurbaya.
Karena apa? karena dia tidak memiliki kesempatan memilih. Saya ingin menyampaikan sebuah fakta statistik yang akan menggambarkan betapa pentingnya proses memilih dan mempersiapkan bisnis, artinya tidak langsung buka usaha.
Sebelumnya harus ada proses memilih dan proses perencanaan.Statistik ini memberikan sebuah fakta bahwa perusahaan perusahaan yang didirikan pada tahun pertama 25% sudah hilang,jadi yang bisa melalui tahun pertama, bisa masuk tahun kedua dan tahun berikutnya itu 75%. Namun memasuki tahun yang kedua 36% hilang, memasuki tahun ketiga tinggal 44% artinya yang bisa lewat 3 tahun itu hanya 56%. Ini menunjukkan pada kita proses memilih bisnis apa yang tepat dan proses mempersiapkan itu sangat penting.

Sekarng apa penyebabnya?

Sebuah statistik menemukan ada lima penyebab kegagalan.
Penyebab yang pertama 42% daripada kegagalan adalah no market need artinya tidak ada pelanggannya. Jadi waktu dia membuka usaha dia pikir ada pelanggannya ternyata tidak ada pelanggannya.
Proses memilih usaha sebenarnya sebuah proses untuk memastikan adanya pelanggan. Pelanggan harus dipastikan terlebih dahulu sebelum usahanya dibuka. Siapa pelanggannya,berapa banyak, mau tidak mereka membeli dari kita dengan harga yang kita tawarkan, bagaimana cara berkomunikasi. Itu adalah sebuah contoh mengapa proses memilih sangat penting.

Penyebab berikutnya kehabisan uang kas, dan tidak ada tim yang tepat, ini menunjukkan kurangnya persiapan. Cash dan tim yang kita butuhkan bukankah harus kita persiapkan sebelumnya. Kembali hal ini menunjukkan setelah pemilihan maka persiapan itu penting.
Penyebab yang keempat dan kelima kenapa usaha baru gagal, yang keempat adalah kalah berkompetisi. Ini menunjukkan bahwa bagaimana cara berkompetisi harus dipikirkan sebelum usahanya dibuka, dipikirkan siapa kompetitor terbesar, apa strategi mereka,bagaimana menghadapinya harus dipikirkan sebelum usahanya dibuka.
Dan yang kelima adalah yang berkaitan dengan masalah penetapan harga. Kembali ini adalah informasi yang kita butuhkan sebelum usaha buka, bagaimana kita menetapkan harganya, harga yang bisa berkompetisi dan juga bisa perusahaan mendapatkan laba yang cukup.

Kesimpulannya memilih dan merencanakan sangat penting Saya ingin menyimpulkan apabila kita ingin merendahkan kemungkinan untuk gagal dan meningkatkan kemungkinan untuk berhasil maka persiapan menjadi kunci. Di dalam persiapan itu terdapat sebuah proses awal yaitu memilih usaha bisnis. Kita harus bisa memilih dimana ada peluang di sana dimana ada pelanggan yang siap untuk bertransaksi dengan kita dan kemudian setelah itu apa yang sudah Anda lihat sebagai peluang harus diungkapkan dalam perencanaan supaya kita memiliki persiapan-persiapan yang menyangkut segala sumber yang kita butuhkan, tim yang kita butuhkan, termasuk uang yang kita butuhkan. Saya teringat apa yang dikatakan oleh Bell penemu daripada telepon, dia mengatakan,Sebelum segala sesuatu, persiapan menjadi kunci.”

 

Sumber: Ciputra

 






Dapatkan Cara Bisnis Online
Ciptabisnis.com

 
Name:
 
Email:
Masukan Data Anda 

ListWire - Free Autoresponders
click here for your free autoresponder

THIS IS HOT....Earn Instant Cash Just For Doing Copy Paste Jobs
Powered by: JvZooPlugin.com

Share