Langkah Cegah Email Dibajak

Apakah anda pernah mengalami akun email dibajak? Rata-rata user pasti pernah mengalami. Mengesalkan memang, sebab semua isi pesan Anda terbaca pihak lain. Bahkan email Anda juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan si pembajak. Membajak email bisa dipicu oleh motivasi iseng saja, atau kebetulan si pembajak tahu password Anda, atau bisa juga memang disengaja dan berlatar motif kriminal.

Berikut ada beberapa Langkah Cegah Email Dibajak agar email anda terhindar dari pembajakan.

1. Password yang kuat

Password yang lemah, mudah ditebak, adalah penyebab utama pembajakan email atau akun apapun. Usahakan membuat password yang kuat. Jangan berhubungan dengan tanggal lahir atau informasi apapun yang bisa dikaitkan dengan Anda. Makin banyak digit dan kombinasi karakter angka dan huruf, makin kuat sebuah password.

2, Pertanyaan keamanan

Fitur ini tersedia di semua layanan akun email. Semacam pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh user email yang asli. Misalnya pertanyaan sejenis “What’s your childhood pet’s name.” Manfaatkan fitur ini agar jika ada orang yang mencoba membajak akun Anda, akan mengalami kesulitan.

3. Update anti malware

Pindai email Anda dengan anti malware, sehingga setiap pesan yang masuk dipastikan bebas dari program berbahaya.

4. Jangan menulis password di email

Menuliskan password di email atau pesan online apapun sama saja dengan memberikan kunci kepada pencuri. Jika ada email atau pesan yang meminta password Anda, maka itu sudah pasti jebakan.

5. Jangan lupa sign out

Sign out selalu dari akun email Anda setiap kali selesai menggunakan komputer yang bisa diakses oleh umum. Biasanya komputer kantor, perpustakaan, kampus, warnet, dan sejenisnya. Bahkan kalau perlu sign out juga dari laptop Anda.

Jika sudah terlanjur menjadi korban pembajakan email, segera laporkan ke penyedia layanan akun email Anda. Biasanya Anda akan diminta untuk mengubah password. Segera lakukan sebelum si pembajak bertindak lebih jauh.

Artikel lainnya :
Tips Lindungi Account Email

11 thoughts on “Langkah Cegah Email Dibajak

Tinggalkan Balasan