Cara Mendapatkan Produk Untuk Dijual

Powered By WPOptinForm

Seringkali saya menemui mereka yang tak tahu akan menjual produk apa. Ketrampilan tidak punya, ilmu juga masih dangkal, modal juga minim. Nah, saya akan coba share sedikit bahwa sesungguhnya kita itu bisa lho berjualan produk apa saja yang kita mau. Yuuk mari kita bahas bagaimana mendapatkan produk untuk dijual walau tanpa modal dan tanpa keahlian tertentu hehehe...

Mau jual Apa?

Bagi pemula, saya lebih suka memulai dari diri sendiri. Kalau sudah mahir sih, gak perlu nanya mau jual apa karena apa saja bisa dijual. Pertanyaan Mau Jual Apa bagi seorang pemula biasanya jauh lebih sulit dari rumus2 trigonometri (atau sama sulitnya ya hehehe). Sebenarnya problem utamanya bukan pada apa yang mau dijual, tapi pada persyaratan yang secara tak sadar kita tentukan sendiri.

Misalnya ketika saya tanya, sampeyan punya apa? Jual aja semua, anda sudah jadi penjual. Gampang kan? Tapi kenapa dia nggak juga jualan. Biasanya karena ada persyaratan2 seperti ini:

1. Barangnya harus keren

2. Kualitas super premium

3. Harga super murah tapi untung super gede.

4. Gak butuh modal untuk kulakan

5. Yang beli sudah antri

6. Gak mau susah2 menjawab pertanyaan

7. Gak mau tanggung jawab kalau ada rusaknya, makanya barang harus super duper sempurna

8. … ini bisa jadi buku sendiri persyaratan barang2 yang mau dijual

Akibatnya dengan berderet persyaratan itu, jadilah bingung sendiri. Lha saya aja bingung kok, mana ada barang yang sesuai persyaratan2 itu hehehe...

Padahal kuncinya cuma satu. Sebuah penyakit yang harus kita buang:

M A L A S

Kalau MALAS ini sudah mampu kita atasi, maka mudah deh mau jual apa. Saran saya jual produk yang paling mudah kita akses. Contohnya, produk dari pengrajin dengan rumah, produk yang biasa kita beli untuk hobby kita, produk yang biasa kita lihat dlm kehidupan sehari-hari.
Kalau Gak Laku Gimana?

Simpel aja, kalau gak laku ya jual lagi sampai laku. Kalau gak laku2 ubah cara menjualnya lalu jual lagi. Gak laku juga, ubah lagi caranya lalu jual lagi. Ini bisa diterusin sampai malam lho.

Takut gak laku adalah penyakit orang malas. Biasanya pertanyaan ini disampaikan jauuuuh hari sebelum jualan dimulai bahkan sebelum tahu barang apa yang mau dijual. Takut gak laku ini punya banyak saudara lho, ini contohnya:

1. takut ketahuan jualan

2. takut rugi

3. takut ditipu

4. takut duit habis, barang habis tapi gak ada untung

5. takut dimarahin ortu

6. takut diejek temen

7. takut dianggap miskin karena jualan

8. takut dimarahi konsumen

9. takut dikomplain

10. takut dimintai temen traktir

Dan masih banyak lagi.

Kalau sudah dapat produk trus gimana?

Nah, setelah kita tahu mau jual apa dan tahu dimana membelinya maka tindakan pertama adalah menghubungi penjualnya. Tawarkan kerjasama. “Bos, saya ini seorang blogger. Saya tahu SEO. Sampeyan tahu ndak SEO itu? Itu kalau sampeyan seminar, harus bayar 5 juta!! Nah, mau ndak produknya sampeyan ini tampil nomor 1 di google dan GRATIS”

Nah, seperti itu membujuknya. Tawarkan manfaat dulu. Saya sering jumpa mereka yang melakukan penawaran tapi menonjolkan manfaat untuk dia doang. Lha manfaat buat saya apa sama sekali nggak dibahas.

Biasanya ada 2 kemungkinan. Kalau dia gak paham dia akan nanya, “Google itu opo toh dik?” Nah, jelasin aja, itu internet bos. Yang buka google itu seluruh dunia. Jadi kalau produk anda tampil nomor 1, maka orang dari seluruh dunia bisa tahu. Hehehe... Kurang bener sih penjelasannya, tapi gpp secara prinsip kan emang bener, orang dari mana aja bisa lihat web kita 🙂

Kalau sudah oke, dia biasanya akan tanya untungnya buat sampeyan apa? Katakan seperti ini:

“Terserah bos, mau kasih saya persenan atau kalau harganya sudah mepet modal, harganya tetap aja biar saya naikkan dikit untuk komisi saya”

Tentunya nanti dialognya nggak persis gitu. Jadi improvisasi lah.

Itu kalau kita bisa menemui penjualnya. Kalau gak bisa gimana?

Gampang, bawa kamera lalu foto produk-produknya, tanya harganya dan jual dengan lebih tinggi di internet. Kalau ada yang beli, kita tinggal belikan saja kesitu dan kirim deh. Mudah kan?

Tapi sangat saya anjurkan untuk bisa menemui penjualnya. Banyak banget lho pebisnis UKM yang sebenarnya ingin sekali menjual produknya lewat internet. Tapi karena keterbatasan waktu dan ilmu webnya gak jadi2 atau udah pesen tapi gak bisa ngurus. Inilah kesempatan kita yang ngerti gimana bikin web dan SEO.





Dapatkan Cara Bisnis Online
Ciptabisnis.com

 
Name:
 
Email:
Masukan Data Anda 

ListWire - Free Autoresponders
click here for your free autoresponder

THIS IS HOT....Get 2000 Forum Post Backlinks with High PageRank in Domain!
Powered by: JvZooPlugin.com

Share